Merdeka17.id – Kepala Sekolah SD GMIM 05 Manado Marcel Runtuwene mengatakan bahwa sekolahnya sedang giat-giatnya mensosialisasikan kebijakan Kemdikdasmen tentang 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat (KAIH) yang meliputi bangun pagi, berdoa, berolahraga, makan sehat dan bergizi, gemar belajar, bermasyarakat, serta istirahat cepat.
Ditemui di ruang kerjanya pada Kamis, 30 Januari 2025, dia mengatakan bahwa penerapan 7 kebiasaan baik sangat penting untuk pembentukan karakter dan disiplin, baik di rumah maupun di lingkungan sekolah.
Semuanya dipantau oleh para wali kelas, baik di rumah maupun di sekolah. Untuk aktivitas siswa di rumah seperti tidur cepat, bangun pagi, berdoa, dan berolahraga, dipantau langsung melalui WhatsApp Group (WAG). Setiap kelas mempunyai WAG dan paguyuban, di mana orang tua dilibatkan.
Khusus SAIH (Senam Anak Indonesia Hebat), sebagian besar anak sudah bisa mengikuti. Begitu juga dengan menyanyikan lagu nasional dan Indonesia Raya, dilakukan di setiap apel pagi.
Marcel Runtuwene yang juga adalah Sekretaris K3S (kelompok kegiatan kepala sekolah) Kecamatan Tikala menjelaskan, saat ini SD GMIM 05 Manado memiliki 190 peserta didik namun masih ada 10 siswa yang belum terdaftar di Dapodik (Data Pokok Pendidikan) karena belum ada KK (kartu keluarga) dan kelengkapan administrasi lainnya.
“Kami sudah mengingatkan orang tua atau wali akan kelengkapan administrasi agar tidak merugikan pihak sekolah dan siswa itu sendiri,” katanya.
Dijelaskan, pihaknya selalu mendorong orang tua agar senantiasa memperhatikan nasib anak-nya ke depan. “Jika siswa belum masuk Dapodik akan kesulitan saat ujian akhir, penerimaan bantuan dan PIP (program Indonesia pintar), dan dana BOS,” katanya mengingatkan.
Diterangkan, sebagian guru nonPNS dibayarkan oleh BPMJ dan dari dana BOS. “50 persen dana BOS untuk bayar honor guru,” ujarnya. “Kami bertekad memajukan satuan pendidikan yang dipercayakan. Citra sekolah perlu dibangun untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat,” pungkasnya.***
Kontributor: Meldi Sahensolar
Editor: Iwan Ngadiman
–

